Home » , » Fungsi Jaringan Otot & Jenis Otot

Fungsi Jaringan Otot & Jenis Otot

Fungsi Jaringan Otot & Jenis Otot - Jaringan otot bertanggung jawab atas untuk pergerakkan anggota tubuh. Suatu gerakan dapat dilakukan oleh jaringan otot melalui mekanisme kontraksi serat kontraktil yang terdiri dari aktin dan miosin.

Sel penyusun jaringan otot memiliki struktur khusus. Membran plasma disebut sarkolema, sitoplasma disebut sarkoplasma, serat otot disebut myofibril (tersusun atas beberapa sarkomer).


Jaringan otot dikelompokkan menjadi:
§  Otot polos à berbentuk gelendong, nucleus tunggal di tengah. Ukuran bervariasi dari 20 mm – 0.5 mm. Bekerja secara tidak sadar dan tidak cepat lelah. Terdapat pada dinding semua organ tubuh yang berlubang kecuali jantung, seperti pembuluh darah, usus, kantung kemih, dan rahim.

§  Otot rangka (lurik) à berbentuk silinder dengan panjang rata-rata 3 cm. Seratnya bersatu dalam kelompok membentuk berkas yang disebut fasikuli, memiliki nucleus lebih dari satu, terletak di tepi. Miofibril tersusun tidak homogen sehingga membentuk garis lurik pada jaringan otot. Otot rangka bereaksi cepat namun cepat lelah. Terdapat pada seluruh rangka tubuh.

§  Otot jantung à tersusun seperti anyaman bercabang dengan sedikit jaringan penyambung di sekelilingnya. Nukleus banyak di tengah. Serat lebih tebal daripada otot polos dengan diameter 9 – 20 mm dan tersusun tidak homogen. Terdapat pada dinding jantung dan vena kava yang menuju jantung. Mampu berkontraksi secara teratur dan terus menerus. Bereaksi cepat terhadap rangsangan dan tidak cepat lelah.