Home » , » Bagian dan Fungsi Jaringan Saraf

Bagian dan Fungsi Jaringan Saraf

Bagian dan Fungsi Jaringan Saraf - Sistem saraf adalah sistem koordinasi (pengaturan tubuh) berupa penghantaran impul saraf ke susunan saraf pusat, pemrosesan impul saraf dan perintah untuk memberi tanggapan rangsangan. Unit terkecil pelaksanaan kerja sistem saraf adalah sel saraf atau neuron.

Neuron memiliki beberapa bagian: dendrit yang merupakan penjuluran kea rah luar badan sel yang berperan sebagai penerima sinyal untuk diantarkan inti sel ke badan sel, badan sel yang merupakan bagian utama neuron (memiliki nucleus), dan akson (neurit) yang merupakan penjuluran badan sel yang berdungsi untuk mengirimkan sinyal dari badan sel ke akson pada badan sel neuron yang lain.



Berdasarkan fungsinya, neuron dibedakan menjadi:

  • Neuron sensorik à berfungsi untuk menerima sinyal dari lingkungan, mengirimkannya ke otak atau sumsum tulang belakang (saraf pusat).
  • Neuron motoric à berfungsi untuk mengirimkan sinyal dari saraf pusat ke organ lain dalam tubuh.
  • Sel saraf penghubung adalah sel saraf yang banyak terdapat di dalam otak dan sumsum tulang belakang. Neuron (sel saraf) tersebut berfungsi untuk menghubungkan atau meneruskan impuls (rangsangan) dari sel saraf sensorik ke sel saraf motorik.

Antar sesama saraf dihubungkan oleh akson yang memiliki zona yang disebut sinapsis, yang terdapat neurotransmitter yang berperan untuk mengirimkan sinyal ke neuron berikutnya, Senyawa yang berperan adlah asetat dan kolin yang akan menjadi asetilkolin dengan bantuan asetilkolinesterase.